Pentingnya bermaafan, DP-MUI Kota Kediri menyelenggarakan Halal Bi Halal

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kediri pada tahun 2021 baru kali dapat menyelenggarakan kegiatan Halal bi Halal secara luring dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan di Kampus Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Sabtu (12/06/2021).

Acara tersebut dihadiri Ketua Komisi Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan (PPP) MUI Pusat Prof. Firdaus Syam, P.h.D dan Sekretaris Dr. KH Ali M. Abdillah. Ketua MUI Kota Kediri KH. Abdullah Kafabihi Mahrus dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya orang saling memaafkan, jika ini dilakukan akan terjalin serta terjaga persatuan, memperkuat toleransi dan saling menghormati.

Sekretaris Umum MUI Kota Kediri Prof. Nur Ahid, M.Ag, menyampaikan dalam sambutannya pada tahun 2022 berharap memiliki Mobile Portable Food Contamination Test Kit (Physic, Chemical, Microbiology) yang digunakan untuk mengetahui cemaran/kontaminasi kimiawi, mikrobiologi, kandungan babi, kebersihan dan suhu pada makanan atau minuman dengan mengajukan melalui pemerintah Kota Kediri.

Dengan 17 parameter berbahaya yang dapat diukur, memberikan keakuratan dan kecepatan dalam upaya pengawasan/pengujian kandungan berbahaya pada makanan minuman. Dengan bantuan alat ini akan membantu mempercepat UMKM Kota Kediri mendapatkan label sertifikasi halal. Selama ini, hambatan UMKM produk makanan minuman untuk mendapatkan sertifikasi halal ke Pusat bisa memakan waktu sekitar 2-3 tahun, dengan bantuan alat deteksi tersebut, MUI Kota Kediri dapat membantu mempercepat UMKM mendapatkan Ijin atau SK sertifikasi Halal. Ujar Sekretaris MUI.

Ketua Komisi Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan MUI Pusat Prof. Firdaus Syam, P.h.D dalam sambutannya menyampaikan dari sekian kunjungan silaturrahim dilingkungan MUI Kabupaten dan Kota yang dilakukan ditempat lain, baru kali ini pengurus MUI Kota Kediri berupaya ingin memiliki alat pendeteksi makanan minuman dan ini sangat penting, jika berhasil maka akan menjadi pilot project yang akan diikuti MUI kota dan kabupaten lain. Mudah-mudahan ini segera terwujud, Harapan beliau.

Tidak lupa DP-MUI Kota Kediri juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah yang selama ini selalu membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan MUI di Kota Kediri.

About Humas MUI

Check Also

Pengurus MUI Kota Kediri Ikuti Acara Sosialisasi Akreditasi MUI Jatim di Kediri

Sosialisasi Akreditasi MUI kabupaten/kota se-Jatim pertama dilakukan di Korwil Kediri bertempat di Hotel Grand Surya …